Jumat, 19 Desember 2008

Tentang musik

musik secara umum berisi ketukan (beat) dan nada (tone). komposisi musik,biasanya berupa lagu, adalah hasil dari olahan dari beat dan tone. konsep ini harap dimengerti dahulu untuk memudahkan kamu untuk mengerti apa itu musik dan apa yang terjadi didalamnya juga pengaruh apa yang menginspirasi terjadinya musik.

aq ga tau gimana persisnya sejarah musik itu seperti apa, yang jelas sejauh aq pahami, akar dari musik modern adalah blues !!!
blues adalah jenis musik alternatif dari musik orkestra pada saat itu, mendobrak aturan bermusik dan komersialisasi musik,yang pada saat itu,musik orkestra sangat mahal untuk didengarkan. jadilah blues sebagai alternatif musik yang lebih murah karena dimainkan di cafe2 buruh oleh black communities, tetapi dengan tingkat kecerdasan musik yang tidak kalah keren ama musik orkestra.

Dari blues, mulailah musicstream atau aliran musik mulai beranak pinak,.berasimilasi dengan musik etnik menghasilkan
jenis musik2 dasar seperti country, rock n roll, jazz.

rock n roll adalah varian dari blues medium ketukan 4/4.,kl beatnya bukan 4/4 rasanya bukan rock n roll,kaya makan sup tapi pake garpu...jadinya soulnya ga dapet2.rock n roll disertai pukulan drum roll.makanya disebut rock n roll,disamping syair nya yang lebih naughty and free minded.

jazz adalah varian musik blues yang dibikin sulit,heheh...emang jazz harus sulit...aq ga tau knapa..menurutku jazz adalah ekspresi kebebasan musisi setelah capek belajar musik dan paham isinya.jadi meskipun kedengarannya ngawur gitu,tidak ada istilah fals untuk musik jazz, dan ada istilah tersendiri buat itu dalam jazz,yaitu.....it doesn't work! atau musiknya ga berhasil!! mmmwhhahahahaha....(beneran, q pernah chat ama bule ,dy ngomongnya gitu.. hihi)

country mungkin adalah asimilasi musik blues dengan musik etnik amerika,aq ga tau etnik yang mana,yang jelas tiap aq nonton musik country,,belum pernah aq ngliat blackpeople yang ahli country,heheh..


dari aliran2 musik tadi,beranak pinak lah (lagi??) menjadi bermacam2 aliran musik. seperti contoh nya : rock+jazz = fusion,funk ,groove trus mmm.... blues +afroethnic=reggae
dan banyak lagi

truuusssssssss...musik berkembang jadi bwanyak,sampe majalah ga abis2 ngebahas,musisi ga berhenti berdebat, aq sendiri sampe bingung pada akhirnya..apa sih musik itu?
konklusi yang aq ambil..yaaa balik lagi ke paragraf 1 diatas.
musik itu adalah beat dan tone yang diaduk pake skill,dibumbu ama feel dimasak pake api trend didalam panci durasi waktu.
akhirnya mo dijual ato dimakan sendiri terserah...
gitu...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar